Hermanto (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 SEI BINGAI T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409321026 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
409321026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
409321026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
409321026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
409321026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
409321026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409321026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409321026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409321026 BAB I.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
409321026 BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
409321026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokok Listrik Dinamis Di Kelas X SMAN 1 Sei Bingai. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sei Bingai T.P. 2012/2013 yang berjumlah 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data hasil belajar fisika menggunakan teknik tes yaitu bentuk essai tes yang berjumlah 10 soal. Pengukuran aktivitas dilakukan menggunakan lembar observasi yang diisi oleh observer dan teknik analisis data dengan menggunakan analisis varians dan uji kesamaan rata-rata (uji t dua pihak dan uji t satu pihak). Hasil penelitian sebagai berikut: kedua kelas memiliki kemampuan awal sama, dilihat dari nilai rata-rata setelah pemberian pretes kelas kontrol dan eksperimen, setelah dilihat dari antara nilai rata-rata setelah pemberian pos-tes kelas eksperimen > kelas kontrol sehingga model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar Fisika dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada saat pembelajaran berlangsung disetiap pertemuan, ditunjukkan dari nilai rata-rata aktivitas setiap pertemuan yaitu pertemuan I 47,229, pertemuan II 56,729, pertemuan III 61,921 dan pertemuan IV 69,016. Melakukan uji hipotesis dan memperoleh hasil yaitu ttabel < thitung pada taraf signifikan α = 0,05 maka Ha diterima sehinga ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar fisika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 1 Her p |
Keywords: | Listrik; Pembelajaran; Problem Based Learning; Hukum Ohm; Listrik Dinamis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10799 |