Sari, Chairunnisa (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DISERTAI MEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409121013 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
409121013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
409121013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
409121013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409121013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
409121013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409121013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409121013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
409121013 BAB I.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
409121013 BAB V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
409121013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) disertai media dan pembelajaran konvensional, aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media serta pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media pada materi Listrik Dinamis di kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P 2012/2013 Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 14 Medan yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 40 orang dan kelas kontrol berjumlah 37 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal. Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitunilai rata-rata pretes kelas eksperimen 35,35 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 36,2. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelaseksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media dankelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Selama proses pembelajaran, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 68,08. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 70,5 dengan dan kelas kontrol 63,4. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data postes diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari hasilpengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 2,06 dan ttabel = 1,6675, sehingga thitung > ttabel (2,06 > 1,6675) maka Ha diterima yakni ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P. 2012/2013. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya agar memperhatikanpenyusunan soal tes hasil belajar dan alokasi waktu yang disesuaikan dengansintaks dari model kooperatif tipe STAD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Sar p |
Keywords: | Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Media Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif STAD; Konvensional; Arus Listrik; Hambatan Listrik; Hukum Ohm |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 01:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10793 |