Afandi, Fajar (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA NEGERI 4 TEBING TINGGI T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409121026 cover.PDF - Published Version
Download (66kB) | Preview
409121026 lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
409121026 kata pengantar.PDF - Published Version
Download (92kB) | Preview
409121026 abstrak.PDF - Published Version
Download (54kB) | Preview
409121026 daftar isi.PDF - Published Version
Download (93kB) | Preview
409121026 daftar tabel.PDF - Published Version
Download (51kB) | Preview
409121026 daftar gambar.PDF - Published Version
Download (50kB) | Preview
409121026 daftar lampiran.PDF - Published Version
Download (51kB) | Preview
409121026 BAB I.PDF - Published Version
Download (313kB) | Preview
409121026 BAB V.PDF - Published Version
Download (139kB) | Preview
409121026 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Rendahnya mutu pendidikan yang tercermin dari rendahnya rata-rata prestasi belajar. Penyebab universal atas rendahnya mutu pendidikan adalah gurusulit memilih model pembelajaran yang tepat, oleh karena itu penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri BerbasisEksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Listrik Dinamis diKelas X SMA Negeri 4 Tebing Tinggi T.P. 2012 / 2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test, Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester I SMA Negeri 4 Tebing Tinggi T.P. 2012 / 2013. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Inkuiri Berbasis Eksperimen, dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional yaitu model pembelajaran langsung, masing-masing kelas sebanyak 30 siswa, Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan Instrumen berupa test pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 option (a, b, c, d, dan e) Tes hasil belajar di validkan oleh validator.Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis eksperimen diperoleh rata-rata Pre-test 25,33 dengan standard deviasi 6,94 dan nilai rata-rata Post-test 72,5 dengan standard deviasi 12,088. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata Pre-test 24 dan standard deviasi 6,87 sedangkan rata-rata Post-test 64 dengan standard deviasi 10,78. Kedua kelasberdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji thitung adalah 2,88 sedangkan ttabel adalah 2,002 pada taraf nyata 0,05 artinya 95% Ha diterima dan 5% Ho ditolak dimana thitung > ttabel (thitung 2,88 > ttabel 2,002). Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang berarti dari model pembelajaran Inkuiri Berbasis Eksperimen secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis kelas X SMA Negeri 4 Tebing Tinggi T.P 2012/2013. Sedangkan pada penilaian aktivitas didapat rata-rata nilai aktivitas selama 2 pertemuan adalah 64,99. Setelah dianalisis persamaan garisnya menggunakan Microsoft Exel 2007 dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa pada model pembelajaran mempengaruhi hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Afap |
Keywords: | Listrik; Hukum OHM; Rangkaian Listrik; Eksperimen; Model Pembelajaran; Inquiry |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10792 |