Bancin, Aminan (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN JIGSAW PADA SUB MATERI SISTEM INDERA PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA PLUS MUHAMMADIYAH KOTA SUBULUSSALAM NANGGRO ACEH DARUSSALAM T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409441001 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
409441001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
409441001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
409441001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
409441001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
409441001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409441001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409441001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409441001 BAB I.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
409441001 BAB V.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
409441001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Hasil Belajar Siswa menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Jigsaw Pada Sub Materi Sistem Indera Pada Manusia Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI IPA Sma Plus Muhammadiyah Subulussalam T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yang berbeda. Masing – masing berjumlah 36 siswa sehingga total sampel adalah 72 siswa Pada klas IPA. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yang berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan (a,b,c,d dan e), sebelum item tes digunakan sebagai instrumen, terlebih dahulu peneliti mengujikan soal tersebut ke siswa yang berbeda untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil pengujian 20 soal yang valid. Setelah instrumen diujikan diperoleh bahwa sampel berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama (homogen). Untuk mengetahui hipotesis yang dirumuskan dengan menggunakan uji statistik t. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata – rata pre-test STAD diperoleh yaitu 34,86 dan nilai pre-tes Jigsaw diperoleh yaitu 31,52. Sedangkan hasil rata – rata pos-test STAD diperoleh yaitu 60,55 dengan standart deviasi 12,57 dan nilai pos-test Jigsaw diperoleh yaitu 55,69 dengan standart deviasi 13,37 pada sub materi sistem indra pada manusia. Perbandingan nilai post-test STAD dengan Jigsaw adalah 1: 1,08. Dengan demikian hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Kriteria dalam pengujian hipotesis, Ho diterima jika thitung ˂ ttabel dan untuk harga lain Ho ditolak sekaligus menerima Ha. Harga ttabel untuk α = 0,05, dengan dk = 70 (36+36-2) dicari menggunakan rumus interpolasi linear yaitu sebesar 1,659. Jadi harga t1 – ½α adalah 1,659 dan nilai thitung yang didapat adalah 4,351. Berdasarkan kriteria diatas bahwa Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 611.307 12 Ban p |
Keywords: | Hasil Belajar; Belajar Kooperatif; Student Teams Achievement Disisions; Kooperatif Jigsaw; Alat Indera; Manusia; Tatap Muka |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 01:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10788 |