Gultom, Winda Sari (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PANCA INDERA DENGAN PENERAPAN METODE PRAKTIKUM DI KELAS XI IPA SMA SWASTA HARAPAN 2 MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141104 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409141104 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
409141104 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
409141104 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
409141104 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
409141104 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409141104 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409141104 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409141104 BAB I.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
409141104 BAB V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409141104 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Metode Praktikum dapat melatih siswa untuk menggunakan kesempatan untuk menguji kebenaran teori. Siswa kemudian aktif dalam mengamati, mendengarkan, bekerja sama, bertanya, menanggapi dan membaca apa yang sedang dilakukan atau diujicobakan. Dengan kata lain aktivitas belajar siswa akan meningkat melalui metode praktikum. Guru telah mencoba menerapkan metode praktikum pada pembelajaran biologi pada materi pokok pana indera, namun sering terkendala disebabkan keterbatasan waktu. Penelitian tindakan kelas telah dilakukan untuk mengatasi permasalahan, bagaimanakah penerapan metode praktikum untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 15 Mei- 2 Juni 2013, dengan subjek penelitian kelas XI IPA SMA Swasta Harapan 2 Medan T,P 2012/2013. Tindakan yang dilakukan: (1) siklus I: Pembelajaran dengan metode Praktikum dengan pembagian LKS dengan diikuti diskusi kelompok dan presentasi, (2) Siklus II: Pembelajaran dengan metode praktikum dengan pembagian LKS sehari sebelum pembelajaran yang diikuti dengan diskusi dan presentasi. Parameter yang diamati adalah (1) aktivitas siswa dengan menggunakan instrumen lembar pengamatan/observasi siswa, (2) Hasil belajar Siswa dengan menggunakan instrumen tes pilihan berganda.Hasil penelitian diperoleh: dari Siklus I ke Siklus II, Peningkatan Aktivitas belajar siswa, membaca Aktivitas membaca meningkat 26.5%, aktivitas mendengarkan penjelasan guru meningkat 15%, aktivitas kerjasama dalam kelompok meningkat 32.5%, aktivitas melaksanakan prosedur kerja meningkat 39.4%, aktivitas bertanya meningkat 13%, aktivitas menjawab meningkat 32.5% dan hasil belajar siwsa meningkat 38%. Dengan demikian pembelajaran pada materi pokok panca indera dengan penerapan metode praktikum dikombinasikan dengan diskusi dan presentasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pelajaran yang dipetik, ternyata dengan metode praktikum, siswa lebih aktif dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.220 712 Gul p |
Keywords: | Metode Pembelajaran; Metode Praktikum; Aktivitas Belajar; Hakikat Hasil Belajar; Laboratorium; Materi Pokok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10785 |