Aprida, Nurfiza (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BAKONGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
409421017 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
409421017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
409421017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
409421017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409421017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409421017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409421017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409421017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409421017 BAB 1.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
409421017 BAB 5.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
409421017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok besaran dan satuan di kelas VII SMP Negeri 1 Bakongan. Jenis penelitian ini quasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bakongan sebanyak 4 kelas. Sampel penelitian diambil sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara acak sederhana yaitu kelas VII-3 (eksperimen) diajarkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis eksperimen dan kelas VII-1 (kontrol) diajarkan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar fisika pada materi pokok besaran dan satuan dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal yang telah dinyatakan valid dengan tingkat reliabilitas sangat tinggi. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 46,13 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol 44,13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas sama, kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Setelah pembelajaran selesai diberikan postest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen diperoleh nilai sebesar 79,33 dengan standar deviasi 7,43 dan kelas Kontrol diperoleh nilai sebesar 74,53 dengan standar deviasi 6,34. Penilaian Afektif siswa di kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 80,6 (Pertemuan I) dan 86,2 (Pertemuan II) dengan kategori baik. Penilaian Psikomotorik siswa di kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 76,9 (Pertemuan I) dengan kategori cukup baik dan 85,6 (Pertemuan II) dengan kategori Baik. Hasil uji t diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok besaran dan satuan di kelas VII SMP Negeri 1 Bakongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.140 712 Apr p |
Keywords: | Hakikat Belajar; Model Pembelajaran Kooperatif; Direct Interaction; Besaran; Satuan; Number Head Together; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 05:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10781 |