Huddin, Saleh (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II DI SMA SWASTA JOSHUA MEDAN T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
061244220122 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
061244220122 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
061244220122 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
061244220122 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
061244220122 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
061244220122 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
061244220122 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
061244220122 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
061244220122 BAB I.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
061244220122 BAB V.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
061244220122 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model PembelajaranBerbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok ListrikDinamis dan untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajarandengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di kelas X semesterII SMA Swasta Josua Medan T.A 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 3 kelas.Yang menjadi sampel penelitian ada 2 kelas yang diambil secara random sampling. Pada kelas X1 pembelajaran diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan pada kelas X2 pembelajaran diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian adalah berupa tes yang berjumlah 10 item dalam bentuk pilihan ganda dengan 4 option dan lembarobservasi yang digunakan untuk melihat aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 41,14 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 38,29. Hasil uji hipotesis pada pretes diperoleh bahwa nilai kedua kelas tidak terdapat perbedaan yang signifikan, artinya kedua kelas memiliki kemampuan yang sama. Setelah diberi perlakuan berbeda pada kedua kelas tersebut diperoleh nilai rata-rata postes untukkelas eksperimen 69,71 dengan standar deviasi 13,82 dan nilai rata-rata posteskelas kontrol 64,29 dengan standar deviasi 13,13. Hasil pengujian hipotesisdengan taraf signifikan a = 0,05 untuk data postes pada kedua kelas diperolehbahwa thitung = 1,6832 > t tabel = 1,6613, maka hipotesis akhir (Ha) diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan menggunakan pengaruh ModelPembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar fisika siswa pada materipokok Listrik Dinamis kelas X semester II di SMA Swasta Josua Medan T.A.2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Hud p |
Keywords: | Belajar; Pembelajaran; Arus Searah; Penghantar Listrik; Rangkaian Seri; Paralel; Hukum Kirchoff; Jembatan Wheatstone; Sumber Tegangan |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10770 |