Lubis, Reza Handika Winata (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SDN 060874 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408111091 JUDUL SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
408111091 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
408111091 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
408111091 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
408111091 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
408111091 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408111091 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408111091 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
408111091 BAB I.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
408111091 BAB V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
408111091 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah strategi penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa pada materi pecahan di kelas V SDN 060874 Medan dan untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar matematika siswa melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi pecahan di kelas V SDN 060874 Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Research) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 060874 Medan yang berjumlah 35 orang. Objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah pada materi pecahan di kelas V SDN 060874 Medan.tahun ajaran 2012/2013. Berdasarkan hasil observasi guru pada masing-masing pertemuan setiap siklus, diperoleh rata-rata kemampuan peneliti melaksanakan pembelajaran Siklus I adalah 2,5 dengan kategori kurang baik dan rata-rata kemampuan peneliti melaksanakan pembelajaran pada Siklus II adalah 3,1 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa pada setiap pertemuan, dari lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I secara keseluruhan diperoleh persentase 55,04% (kategori kurang aktif) dan hanya 16 siswa (45,71%) yang termasuk kategori aktif, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus II secara keseluruhan diperoleh persentase 78,15% (kategori aktif). dan di akhir siklus II terjadi peningkatan aktivitas melalui lembar obervasi dari pertemuan I ke pertemuan II sebesar 5,86% dan terdapat 33 orang siswa (94,28%) yang sudah mencapai persentase aktivitas minimal 70% (kategori aktif). Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.260 71 Lub u |
Keywords: | pembelajaran matematika; model pembelajaran; aktivitas belajar; pecahan; desimal; persen; skala |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10756 |