Sari, Nining Afrilla (2013) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN TIPE TGT DENGAN TIPE STAD SISWA KELAS VII SMP NEGERI 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
081244110017 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
081244110017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
081244110017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
081244110017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
081244110017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
081244110017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
081244110017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
081244110017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
081244110017 BAB I PENDAHULUANN.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
081244110017 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
081244110017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
081244110017 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran matematika tipe TGT lebih baik dibandingkan dengan pembelajaaran matematika tipe STAD dikelas VII SMP Negeri17 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 17 Medan yang berjumlah 8 kelas. Sampel penelitian diambil sebanyak 2 kelas secara acak yang dibagi menjadi dikelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 39 siswa. Di kedua kelas diberikan pembelajaran Matematika pada pokok bahasan Perbandingan (Rasio). Pada kelas eksperimen pembelajaran dengan menggunakan matematika tipe TGT sedangkan di kelas control menggunakan pembelajaran matematika tipe STAD.Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Berdasarkan hasil analisis, pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa 38,897 dan postes 73,179 maka tingkat perubahan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah 34,282. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 38,692 dan postes 66,641 maka tingkat perubahan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah 27,949. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan uji-t yaitu uji satu pihak. Berdasarkan uji-t yang diperoleh di dapat thitung=2,132 dan ttabel = 1,665 pada taraf signifikan (α = 0,05) dan dk=73, sehingga thitung > ttabel (2,132 > 1,665). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan pembelajaran matematika tipe TGT lebih baik dibandingkan dengan yang diajar menggunakan pembelajaran tipe STAD pada pokok bahasan Perbandingan ( Rasio).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.707 1 Sar p |
Keywords: | Matematika; Pembelajaran Kooperatif; TGT; STAD; Rasio; Team Recognize; Perbandingan dua besaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10750 |