Tambunan, Febrina (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP PENCAWAN MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
408311015 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
408311015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
408311015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
408311015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
408311015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
408311015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
408311015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
408311015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
408311015 BAB I.pdf - Published Version
Download (749kB) | Preview
408311015 BAB V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
408311015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Bilangan Pecahan di kelas VII SMP Pencawan Medan melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan pada siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Pencawan Medan yang berjumlah 30 orang. Objek penelitin ini adalah pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk uraian yaitu tes awal sebanyak 3 soal. Tes kemampuan pemecahan masalah siklus I sebanyak 4 soal dan tes kemampuan pemecahan masalah siklus II terdiri dari 4 soal. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I terdapat 16 orang siswa (53.33%) yang memperoleh kategori kemampuan pemecahan masalah sedang atau mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 61.3. Pada siklus II diperoleh 26 orang siswa (86.67%) yang memperoleh kategori kemampuan pemecahan masalah tinggi (mencapai ketuntasan belajar) dengan rata-rata kelas 83.8. Dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu sebanyak 10 orang siswa (33.33%). Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer, diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan guru pada siklus I dapat dikatakan termasuk kategori sedang. Pada siklus II, tingkat kemampuan peneliti mengelola pembelajaran termasuk kategori baik. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah memenuhi 85% kriteria ketuntasan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Pencawan Medan sehingga pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah ini dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.260 71 Tam p |
Keywords: | Belajar Matematika; Model Pembelajaran; Materi Pecahan; Pecahan Sederhana; Pecahan Senilai; Pecahan Campuran; Desimal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10747 |