Harahap, Ratna Sari (2013) PERBEDAAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN KONVENSIONAL PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP KARTIKA I-2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
409611008 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409611008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
409611008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
409611008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
409611008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
409611008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
409611008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
409611008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
409611008 BAB I.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
409611008 BAB V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
409611008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara kemampuan koneksi matematika siswa yang diajar dengan pendekatan kontekstual dan konvensional pada pokok bahasan Aritmatika Sosial di kelas VII SMP kartika I-2 Medan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa pada pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan Aritmatika Sosial di kelas VII SMP kartika I-2 Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP kartika I-2 Medan yang terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian diambil sebanyak dua kelas secara acak dimana untuk kelas eksperimen 1 terdiri dari 40 orang siswa dan 40 orang siswa untuk kelas eksperimen 2. Untuk mengetahui kemampuan koneksi matematika siswa pokok bahasan Aritmatika Sosial digunakan tes. Kemudian data hasil penelitian diuji normalitas dan homogenitasnya, maka diperoleh kedua sampel berdistribusi normal dan berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan rumus statistika uji-t dimana harga t_hitung diperoleh lebih besar dari 〖 t〗_tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan koneksi matematika siswa yang diajar dengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada kemampuan koneksi matematika siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional. Dengan melaksanakan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika dapat membuat siswa dan guru lebih aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.213 Har p |
Keywords: | pembelajaran matematika; CTL; pembelajaran konvensional; pembelian; penjualan; untung dan rugi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 02:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10743 |