Ayuni, Sri (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA DHARMA BAKTI KAB. LANGKAT T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409411048_Cover.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409411048_Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
409411048_Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
409411048_Abstrak.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409411048_Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
409411048_Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
409411048_Daftar Grafik.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409411048_Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409411048_Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409411048_BAB I.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
409411048_BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409411048_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar matematika siswa yang masih rendah, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Swasta Dharma Bakti Kab. Langkat T.A 2012/2013.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Dharma Bakti Kab. Langkat T.A 2012/2013 yang berjumlah 41 orang dan objek dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan Tes. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Dalam pelaksanaan siklus I, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok asal secara heterogen berdasarkan ranking di semester I. Kelompok tersebut terdiri dari 6 orang ahli sesuai dengan pembagian subbab. Sedangkan pada pelaksanaan siklus II, kelompok asal dibentuk berdasarkan hasil THB Idimana setiap kelompok terdiri dari 4 orang ahli dan terdapat 2 kelompok ahlidengan materi yang sama serta diberikan perlakuan tambahan ketika diskusikelompok asal berlangsung. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 17,70% dari 58,54% di siklus I menjadi 75,61% di siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, peningkatan ini dilihat dari adanya penambahan jumlah siswa yang memperoleh ketuntasan belajar yaitu 5 orang, dari 31 orang di siklus I menjadi 36 orang di siklus II dan peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 7,34 dari 66,20 di siklus I menjadi 73,54 di siklus II. Dengandemikian, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan aktivitas dan hasil belajarsiswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Swasta Dharma Bakti Kab. Langkat T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.943 071 Ayu p |
Keywords: | Aljabar; STAD; Pembelajaran; Kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10736 |