Komanda, Faisal (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KUANTUM METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN MEDIA VISUAL PADA POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X�. Undergraduate thesis, UNIMED.
061244110033 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
061244110033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
061244110033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
061244110033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
061244110033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
061244110033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
061244110033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
061244110033 BAB I.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
061244110033 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
. 061244110033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 9 Medan bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dalam pokok bahasan barisan dan deret melalui penerapan pembelajaran kuantum metode eksperimen berbantuan media visual lebih tinggi daripada pembelajaran kuantum metode eksperimen di kelas X-Otomotif SMK Muhammadiyah 9 Medan T.A 2012/2013.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Otomotif SMK Muhammadiyah 9 Medan tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 4 (empat) kelas parallel dengan masing-masing kelas terdiri atas 30 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas masing-masing terdiri dari 30 siswa, yang ditentukan secara random sampling (sampel acak). Kelas eksperimen (X-Otomotif 1) diajarkan dengan pembelajaran kuantum metode eksperimen berbantuan media visual, dan kelas kontrol (X-Otomotif 3) diajarkan dengan pembelajaran kuantum metode eksperimen. Penelitian ini berjenis penelitian semi eksperimen (quasi) dengan instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data yaitu tes objektif sebanyak 10 soal dan lembar observasi. Penelitian ini dikontrol dengan memperhatikan validitas internal perlakuan dimana pada instrumen dihitung reliabilitas, validitas dan analisis butir soal. Dari pretes diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 32,00 dan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 29,33. Sedangkan pada postes diperoleh nilai rata-rata hasil belajar untuk siswa kelas eksperimen sebesar 80,67 sedangkan untuk siswa kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 71,67. Kedua data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t, dengan α=0,05 diperoleh thitung = 2,3057 dan ttabel = 1,6710. Karena thitung >ttabel maka H0 ditolak yang sekaligus berarti hasil belajar siswa dalam pokok bahasan barisan dan deret melalui penerapan pembelajaran kuantum metode eksperimen berbantuan media visual lebih baik daripada pembelajaran kuantum metode eksperimen di kelas X-otomotif SMK Muhammadiyah 9 Medan T.A 2012/2013. Dari hasil observasi implementasi Penerapan Pembelajaran Kuantum Metode Eksperimen Berbantuan Media Visual pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret dikategorikan sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 9 Kom p |
Keywords: | pembelajaran matematika; pembelajaran kuantum; metode eksperimen; media visual; barisan; deret bilangan; media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10727 |