Ridwansyah, Muhammad (2013) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA PADA PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI KELAS VIII SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 1 MEDAN T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409111052 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409111052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
409111052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
409111052 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
409111052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
409111052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409111052 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409111052 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409111052 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409111052 BAB I.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
409111052 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
409111052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik lebih tinggi daripada yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Swasta Muhammadiyah 1 Medan T.A. 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Swasta Muhammadiyah 1 Medan terdiri dari 7 kelas dan sampel diambil secara random, yaitu kelas VIIIA menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan kelas VIIIB menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional dimana kedua kelas terlebih dahulu dibuat tes awal yang hasilnya diketahui bahwa kemampuan awal kedua kelas sama/homogen.Sebagai alat pengumpul data digunakan tes berbentuk uraian yang terdiri dari 4 soal. Sebelum tes ditetapkan sebagai alat pengukur kemampuan penalaran siswa, terlebih dahulu dilakukan validasi isi. Selanjutnya dari hasil validasi tersebut perangkat tes direvisi sesuai dengan saran yang diberikan validator. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelompok data berasal dari populasi berdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen. Hasil tes menunjukkan kemampuan penalaran siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik diperoleh = 78,7667 dan SD = 5,02876 , sedangkan kemampuan penalaran siswa dengan pendekatan pembelajaran konvensional diperoleh = 74,6785 dan SD = 6,2778. Uji hipoesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5% menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan pendekatan pembelajaran konvensional, thitung > ttabel (1,8446 > 1,632) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik lebih tinggi daripada kemampuan penalaran siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Swasta Muhammadiyah 1 Medan T.A. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.942 071 Rid p |
Keywords: | penalaran; penalaran induktif; penalaran deduktif; matematika realistik; materi kubus; materi balok; kondisional; silogirme |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 09:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10721 |