Rodhina (2013) UPAYA MEINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MODEL TUTORIAL DI SMP NEGERI 2 DELITUA TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409111068_COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
409111068_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
409111068_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
409111068_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
409111068_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
409111068_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
409111068_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
409111068_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
409111068_ BAB I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
409111068_BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
409111068_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis multimedia model tutorial di Kelas IX – 3 dan IX – 5 SMP Negeri 2 Delitua tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas IX – 3 dan IX – 5 SMP Negeri 2 Delitua dan objek penelitian ini adalah penerapan pembelajaran berbasis multimedia model tutorial sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi bangun ruang sisi lengkung
di SMP Negeri 2 Delitua Tahun Ajaran 2013/2014. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes, lembar observasi dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung, lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran dan aktivitas siswa ketika pembelajaran berbasis multimedia model tutorial diterapkan. Dan angket digunakan untuk melihat bagaimana respon siswa setelah pembelajaran berbasis multimedia model tutorial diterapkan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes hasil belajar. Dari hasil analisis data tes awal diperoleh banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes awal yaitu 4 dari 36 siswa atau 11,11% dengan rata-rata kelas 22,64. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan pembelajaran berbasis multimedia model tutorial menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 12 dari 36 siswa atau 33,33% dengan rata-rata kelas 48,33. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 31 dari 36 siswa atau 86,11% dengan rata-rata kelas 75,39. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar. Aktivitas siswa setelah diterapkannya pembelajaran berbasis multimedia model tutorial pada siklus I diperoleh 54,38% yang
dalam kategori kurang aktif dan meningkat pada siklus II menjadi 76,53 % yang termasuk dalam kategori aktif. Respon positif siswa pada siklus I sebesar 72,22% meningkat menjadi 88,89 % pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran berbasis multimedia model tutorial, hasil belajar siswa khususnya pada materi pokok bangun ruang sisi lengkung di kelas IX – 3 dan IX – 5 SMP Negeri 2 Delitua meningkat. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkan pembelajaran berbasis multimedia model tutorial sebagai alternatif dalam pembelajaran yang bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Rod u |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Media Pembelajaran; Hasil Belajar; Matematika; SMP; Multimedia; Bangun Ruang; Sisi Lengkung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10718 |