Chadijah, Siti (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP SWASTA AL WASHLIYAH 1 MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409411044 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
409411044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409411044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409411044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409411044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409411044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409411044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409411044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
409411044 BAB I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
409411044 BAB V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
409411044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Swasta Al Washliyah 1 Medan pada pokok bahasan Kubus dan Balok melalui pembelajaran matematika realistik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP yang berjumlah 30 orang dan objek dari penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran realistik pada pokok bahasan kubus dan balok. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dibagi atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Dari hasil tes belajar siklus I yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa masih memiliki hasil yang masih rendah, terdapat 18 dari 30 siswa tuntas secara individu dan tingkat ketuntasan belajar klasikal 60 %. Pada pelaksanaan siklus II tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 86,67 % atau ada 26 siswa dari 30 siswa yang tuntas belajar secara individu. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan realistik pada pokok bahasan aritmatika sosial di SMP Swasta Al Washliyah 1 Medan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar. Peningkatan hasil belajar yang terjadi sebesar 0,6 dengan kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan pembelajaran realistik hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok dikelas VIII SMP Swasta Al Washliyah meningkat. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkankan pendekatan pembelajaran matematika realistik sebagai alternatif dalam pembelajaran dan selalu membuat latihan dan tes yang bertujuan lebih melatih siswa untuk meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.942 071 Cha u |
Keywords: | bangun ruang; matematika realistik; kubus; balok; hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10711 |