Kalsum, Fitria (2013) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK ANTARA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI KELAS VIII SMP SWASTA PAB 2 HELVETIA MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409111030 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
409111030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
409111030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
409111030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409111030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409111030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409111030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
409111030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409111030 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
409111030 BAB V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
409111030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah bila dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori di kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 dan kelas VIII-6 sebanyak 74 orang. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematik berbentuk uraian sebanyak 4 soal. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah adalah 826 dengan simpangan baku 8,8361801 dan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diberi pembelajaran ekspositori adalah 72,97 dengan simpangan baku 8,39224671. Untuk uji hipotesis digunakan uji t, dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung = 5,6354 dan ttabel = 1,996. Ternyata didapat thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan menerima Ha atau dengan kata lain terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematik antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah bila dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori di kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Dari hasil penelitian ini, ternyata pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat memberi perbedaan kemampuan pemecahan masalah bila dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori, karena dengan pembelajaran berbasis masalah siswa didorong belajar dengan cara memahami persoalan yang ada, merencanakan strategi penyelesaiannya, memecahkan persoalan, menginterpretasikan hasil dan mentransfer keterampilannya untuk diterapkan dan akhirnya pembelajaran menjadi bermakna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.707 1 Kal p |
Keywords: | matematika; ekspositori; pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 09:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10707 |