Ashari, M. Ade (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI POKOK PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DI KLEAS VII SMP MUHAMMADIYAH 58 SUKARAMAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244110062 COVER.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
071244110062 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
071244110062 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
071244110062 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
071244110062 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
071244110062 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
071244110062 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
071244110062 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
071244110062 BAB I.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
071244110062 BAB V.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
071244110062 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penerapan pendekatan Kontekstual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Persamaan Linier Satu Variabel di kelas VII SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 35 siswa kelas VII1 SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai dan objek penelitian ini adalah penerapan pendekatan Kontekstual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan tes. Dari tes awal yang diberikan sebelum memberikan tindakan, di peroleh 1 siswa telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 34 siswa belum mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata 41,14, dari nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 65. Setelah diberikan tindakan I, diperoleh 9 siswa (25,7%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 26 siswa (74,29%) belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus I dengan nilai peningkatan rata-rata dari tes awal sebesar 14.29, dan nilai rata-rata yang dicapai sebesar 55,43. Setelah pemberian tindakan II, diperoleh 30 siswa (88,24%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 5 siswa (11,76%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dan nilai rata-rata yang di capai siswa pada siklus II yaitu 69,71. sehingga terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 15,71 Pada siklus II, aspek lainnya telah tercapai. Berdasarkan hasil belajar maka pembelajaran ini telah mencapai target dan mengalami peningkatan. Karena ketuntasan belajar klasikal telah tercapai dan terjadi peningkatan nilai rata - rata dari siklus I ke siklus II maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar sehingga pelaksanaan tindakan berhenti.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan pendekatan Kontekstual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Persamaan Linier Satu Variabel di kelas VII SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 511.8 Ash u |
Keywords: | Kontekstual Teaching and Learning; Hasil Belajar; Persamaan Linear; Aktivitas Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10704 |