Ginting, Yenni S. (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA MATERI POKOK BILANGAN BULAT DI KELAS V SD SWASTA KARYA BUNDA MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
408311056 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
408311056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
408311056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
408311056 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
408311056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
408311056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
408311056 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
408311056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
408311056 BAB I.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
408311056 BAB V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
408311056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran denganmenerapkan pendekatan realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematikasiswa serta untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar matematikasiswa setelah diterapkannya pendekatan realistik. Jenis penelitian ini adalahpenelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Swasta Karya Bunda yang berjumlah 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Swasta Karya Bunda Medan Tahun Ajaran 2013/20104terhadap pelajaran matematika melalui pendekatan pembelajaran matematikarealistik. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil tes awal sampai tes hasil belajar siswa. Banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes awal yaitu 6 dari 25 siswa atau 24% dengan rata-rata kelas 47. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan pendekatan realistic menunjukkan banyaknyasiswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 11 dari 25 siswa atau 44% denganrata-rata kelas 60,4. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 22 dari 25 siswa atau 88% dengan rata-rata kelas 76. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan realistik, hasil belajar siswa khususnya pada materi pokok bilangan bulat kelas di Kelas V SD Swasta Karya Bunda Medan meningkat. Saran yang diajukan yaitu guru dapatmenerapkan pendekatan realistik sebagai alternatif dalam pembelajaran yangbertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.707 1 Gin u |
Keywords: | Matematika Realisttik; Bilangan Bulat Penjumlahan; Perkalian; Pengurangan; Pembagian |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10693 |