Juli, Iwan (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF-EFFICACY SISWA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
8116171008 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8116171008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
8116171008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
8116171008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8116171008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
8116171008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
8116171008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8116171008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8116171008 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8116171008 BAB V.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
8116171008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Biasa, (2) Peningkatan kemampuan self-efficacy siswa yang diajarkan dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Biasa, (3) Interaksi antara pendekatan Pembelajaran dengan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (4) Interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika terhadap self-efficacy siswa, (5) Proses penyelesaian masalah yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah pada Pendekatan Matematika Realistik dan Pembelajaran Biasa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMPN 1 Bukit. Kemudian secara acak dipilih dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan Pendekatan Matematika Realistik dan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan skala self efficacy. Analisis data dilakukan dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Biasa, (2) Peningkatan kemampuan self efficacy siswa yang diajarkan dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Biasa (3) Terdapat Interaksi antara pendekatan Pembelajaran dengan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (4) Tidak terdapat Interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika terhadap self-efficacy siswa, (5) Proses penyelesaian masalah yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah pada Pendekatan Matematika Realistik lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh Pembelajaran Biasa. Berdasarkan hasil penelitian, maka Peneliti menyarankan: agar pendekatan matematika realistik menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan self efficacy siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Jul p |
Keywords: | Pendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self Efficacy |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 08:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10687 |