Sibarani, Mehrisna L. (2013) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 1 LAGUBOTI T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408111076 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
408111076 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
408111076 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
408111076 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
408111076 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
408111076 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
408111076 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
408111076 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
408111076 BAB I.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
408111076 BAB V.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
408111076 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi penerapan Problem Solving dalam pembelajaran kubus dan balok, untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran kubus dan balok dengan metode Problem Solving di SMP Negeri 1 Laguboti, dan untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep siswa pada materi kubus dan balok dengan menerapkan metode Problem Solving di kelas VIII SMP Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 23 orang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan instrumen berupa tes pemahaman konsep dan lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil observasi pembelajaran melalui metode Problem Solving, untuk peneliti pada siklus I adalah 2,6 dengan kategori baik sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil observasi pembelajaran adalah 3,35 dengan kategori sangat baik. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 2,4 dengan kategori baik sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya 3,3 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tes awal diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal (≥65) adalah 17,39% dan nilai rata-rata kelas 48,13. Setelah pemberian tindakan I (siklus I) diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal adalah 69,56% dan nilai rata-rata kelas 64,65. Setelah pemberian tindakan II (siklus II) diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal adalah 91,30% dan nilai rata-rata kelas 85,65. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Problem Solving dapat menciptakan ketercapaian peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Laguboti T.A 2012/2013.KATA PENGANTAR
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.942 071 Sib p |
Keywords: | Belajar;Matematika;Metode;Bangun;Ruang;Kubus;Balok;Volume |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10663 |