Elfina, Hetty (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII SMP HARAPAN 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
408111060 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
408111060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
408111060 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
408111060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
408111060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
408111060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
408111060 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
408111060 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
408111060 BAB I.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
408111060 BAB V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
408111060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran Ekspositori pada pokok bahasan Teorema Phytagoras di kelas VIII SMP Harapan 2 Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Harapan 2 Medan yang terdiri dari 3 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 64 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII-A yang merupakan kelas kontrol sebanyak 32 orang dan kelas VIII-B yang merupakan kelas eksperimen sebanyak 32 orang. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing dan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan test essay sebanyak 8 soal dan telah dinyatakan valid oleh tim ahli.Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest 50,031 dan simpangan baku pretest 18,322 sedangkan nilai rata-rata posttest 70,188 dan simpangan baku posttest 13,895. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest 46,750 dan simpangan baku pretest 19,629 sedangkan nilai rata-rata posttest 63,813 dan simpangan baku posttest 15,403. Dari analisis data posttest dengan menggunakan uji-t pada taraf = 0,05 diperoleh thitung (1,738) > ttabel (1,67) maka H0 ditolak dan Ha diterima.Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing lebih baik dibandingkan dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori pada pokok bahasan Teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Harapan 2 Medan. Dengan demikian berarti ada pengaruh positif antara model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 71 Elf p |
Keywords: | Belajar; Matematika; Kooperatif; Ekspositori; Phytagoras; Segitiga |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 05:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10612 |