Waty, Riny Elvina (2012) PENERAPAN TEORI AUSUBEL DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI KELAS IX SMP NASIONAL RAMUNIA TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408111095 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
408111095 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
408111095 KATA PENGANTAR-3.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
408111095 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
408111095 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
408111095 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
408111095 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
408111095 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
408111095 BAB I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
408111095 BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
408111095 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan Teori Ausubel dengan menggunakan Metode Inkuiri lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran ekspositori pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di kelas IX SMP Nasional Ramunia Tahun Pelajaran 2012/2013 serta mengetahui penerapan Teori Ausubel dengan menggunakan Metode Inkuiri pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Nasional Ramunia. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Nasional Ramunia. Sampel terdiri dari 49 orang yaitu siswa kelas IX A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran penerapan Teori Ausubel dengan menggunakan metode inkuiri dan siswa kelas IX B sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Dimana kelas eksperimen berjumlah 25 orang dan kelas kontrol berjumlah berjumlah 24 orang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan instrument berupa tes dan lembar observasi. Nilai rata-rata hasil pretes pada kelas eksperimen 37,2 dan nilai rata-rata hasil pretes kelas kontrol 35. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen 61,8 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 52,292. Kedua data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t, dengan α = 0,05 diperoleh thitung = 1,7404 dan ttabel =1,679 maka thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Teori Ausubel dengan menggunakan Metode Inkuiri pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung lebih baik daripada yang diajarkan dengan pembelajaran ekspositori di Kelas IX SMP Nasional Ramunia Tahun Ajaran 2012/2013. Berdasarkan hasil observasi diperoleh rata-rata penilaian setiap pertemuan adalah 3,39 sehingga penerapan Teori Ausubel dengan menggunakan Metode Inkuiri pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di Kelas IX SMP Nasional Ramunia Tahun Ajaran 2012/2013 dikategorikan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Man p |
Keywords: | Matematika; Pembelajaran; Inkuiri; Ruang; Tabung; Kerucut; Metakognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10611 |