Sagala, Abdi Darmawansyah (2012) PENERAPAN TEORI VYGOTSKY DAN G.POLYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI-KELAS VIII SMP NEGERI 1 KUALUH SELATAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
061244120160 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
061244120160 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
061244120160 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
061244120160 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
061244120160 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
061244120160 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
061244120160 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
061244120160 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
061244120160 BAB I.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
061244120160 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
061244120160 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 1 Kualuh Selatan yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa antara penggabungan teori Vygotsky dan G.Polya dengan metode pembelajaran konvensional pada pokok bahasan kubus dan balok. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kualuh Selatan tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 4 (empat) kelas dengan masing-masing kelas sebanyak 36 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas masing-masing terdiri dari 36 siswa, yang ditentukan secara random sampling (sampel acak). Kelas eksperimen yang diajarkan melalui pembelajaran berdasarkan masalah yang menggunakan penggabungan teori Vygotsky dan G.Polya, dan kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran Konvensional yang digunakan sebagai alat pengumpul data yaitu tes hasil belajar dalam bentuk essay tes sebanyak 3 soal. Teknik analisis data menggunakan uji-t.Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional sebesar sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran berdasarkan masalah yang menggunakan penggabungan teori Vygotsky dan G.Polya sebesar . Hasil pengujian secara statistik menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,7136 > 1,667 sehingga menolak Ho dan disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa antara penggabungan teori Vygotsky dan G.Polya dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan pembelajaran dengan menggunakan penggabungan teori Vygotsky dan G.Polya dalam mengajarkan materi matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.942 071 Sag p |
Keywords: | Belajar; Matematika; Vygotsky; Konvensional; Kubus; Balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10610 |