Sihombing, Lenny Natalia (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN BAHAN AJAR HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI DI SMA KELAS XI T.A 2012-2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408131067 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
408131067 LEMBAR PENGESAHAN.pdf.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
408131067 DAFTAR GAMBAR.pdf.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
408131067 KATA PENGANTAR.pdf.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
408131067 ABSTRAK.pdf.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
408131067 DAFTAR ISI.pdf.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
408131067 DAFTAR TABEL.pdf.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
408131067 DAFTAR LAMPIRAN.pdf.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
408131067 BAB I.pdf.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
408131067 BAB V.pdf.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
408131067 DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan persentase peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dengan bahan ajar handout pada pokok bahasan laju reaksi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Gebang kelas XI IPA sebanyak dua kelas dengan masing- masing jumlah rata-rata siswa 38 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes. Dari 30 soal yang divalidkan, dan diperoleh soal yang valid sebanyak 20 soal. Sebelum pengujian hipotesis dilakukan, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas tes. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. Rata-rata pre-test hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 22,83±12,07 dan rata-rata post-tes adalah 64,83±12,07 sedangkan rata-rata pretes hasil belajar kimia siswa kelas kontrol adalah 20,88±9,44 dan rata-rata post-test adalah 59,71±9,44. Persen peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen adalah 55,2 % sedangkan di kelas kontrol adalah 48,9 %. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji-t pihak kanan, dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu thitung = 2,003> ttabel = 1,67 pada taraf α = 0,05 db = 66. Bukti data terlihat Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini memperlihatkan bahwa pembelajaran dengan strategi pembelajaran inkuri dan bahan ajar handout lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional pada pokok bahasan laju reaksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.390 71 Sih p |
Keywords: | Katalis;Temperatur;Reaksi;Handout;Pembelajaran;Inkuiri;Bahan Ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10596 |