Supryanti, Lilis (2013) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA YANG DIAJAR DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408111072 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
408111072 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
408111072 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
408111072 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
408111072 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
408111072 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
408111072 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
408111072 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
408111072 BAB I.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
408111072 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
408111072 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
408111072 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1. mengetahui kemampuan pemecahan masalah setelah siswa diajar dengan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional, 2. untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika setelah diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu dengan model Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini adalah 68 siswa yaitu kelas X-4 (34 siswa) sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas X-5 (34 siswa) sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen menggunakan tes yang terlebih dahulu divalidasi. Pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa lebih baik daripada dengan pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan rata-rata gain ternormalisasi <g> berturut-turut pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sebesar 0,37 termasuk dalam kategori sedang dan 0,24 termasuk dalam kategori rendah. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 1,821 dan ttabel sebesar 1,669. Data tersebut memenuhi uji hipotesis yang menyatakan apabila thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.740 71 Sup p |
Keywords: | Materi Ajar; Pembelajaran; Konvensional; Rumus; Persamaan; Kuadrat; Akar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10592 |