Daulay, Jamilah (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP N 35 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408111066 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
408111066 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
408111066 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
408111066 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
408111066 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
408111066 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
408111066 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
408111066 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
408111066 BAB I.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
408111066 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
408111066 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 35 Medan setelah menggunakan model pembelajaran langsung. (2) Mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa melalui pembelajaran langsung menggunakan Macromedia Flash 8 terhadap materi Teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 35 Medan. (3) Mengetahui respon siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan terhadap pembelajaran langsung menggunakan Macromedia Flash 8 khususnya pada pokok bahasan Teorema Pythagoras yang telah dibuat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 35 Medan yang berjumlah 40 orang. Objek dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran langsung menggunakan Macromedia Flash 8 pada materi pokok Teorema Pythagoras tahun ajaran 2012/2013. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, wawancara, dan observasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan di dalam penelitian adalah reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil observasi pada setiap pertemuan, diperoleh rata-rata penilaian setiap pertemuan adalah 2,8 dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran termasuk kategori baik. Dari tes hasil belajar I diperoleh sebanyak 23 siswa (57,5 %) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 17 siswa (42,5 %) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Pada tes hasil belajar II diperoleh sebanyak 34 orang (85 %) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 6 orang (15%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dari siklus I dan siklus II diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat sebesar 27,5%. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran langsung menggunakan Macromedia Flash 8 sangat baik. Dari hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa siswa merasa senang dan semakin tertarik untuk belajar Teorema Pythagoras. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran langsung menggunakan Macromedia Flash 8 dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP N 35 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 71 Dau u |
Keywords: | Belajar; Matematika; Macromedia; Phytagoras; Segitiga; Sudut; Model; Animasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10590 |