Rambe, Yeni Septiani (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII MTS. CERDAS MURNI T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408111107 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
408111107 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
408111107 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
408111107 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408111107 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
408111107 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
408111107 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
408111107 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
408111107 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
408111107 BAB I.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
408111107 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
408111107 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui apakah pembelajaran melalui pendekatan Contextual Teaching & Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII MTs Cerdas Murni Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu kelas VIII MT.s Cerdas murni yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pembelajaran matematika kontekstual di kelas VIII MTs Cerdas Murni. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk uraian untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I terdapat 20 orang siswa (71,43%) yang memperoleh kategori kemampuan pemecahan masalah minimal sedang atau mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 21. Pada siklus II diperoleh 25 orang siswa (89,29%) yang memperoleh kategori kemampuan pemecahan masalah minimal sedang (mencapai ketuntasan belajar) dengan rata-rata kelas 24,29. Dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu sebanyak 5 orang siswa (17,86 %) dan nilai rata-rata meningkat sebesar 3,29. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer, diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan guru pada siklus I dapat dikatakan termasuk kategori sedang. Pada siklus II, tingkat kemampuan peneliti mengelola pembelajaran termasuk kategori baik.Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulakan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Ram u |
Keywords: | Linear; Variabel; Ikuiri; SPLDV; Pembelajaran; Kontekstual |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 08:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10581 |