Siregar, Risna Nila Sari (2013) PENERAPAN METODE INKUIRI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI POKOK GEOMETRI DI KELAS V SD NEGERI 067249 MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (727kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan metode inkuiri kelompok pada materi pokok geometri di kelas V SD Negeri 067249 Medan Tahun ajaran 2012/2013.Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 067249 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 34 orang siswa. Objek peneitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa dalam matematika khususnya pada materi pokok geometri. Instrumen pada penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Prosedur dari penelitian ini terdiri atas dua siklus, dimana setelah satu siklus berakhir diberikan tes yang telah divaliditasi oleh validator dan setiap proses pembelajaran ada observasi yang dilakukan oleh observer yaitu guru matematika SD Negeri 067952 Medan dan teman peneliti.Berdasarkan hasil observasi, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata persentase aktivitas belajar siswa adalah 51,10% sedangkan pada siklus II rata-rata persentase aktivitas belajar siswa mencapai 72,98%. Peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 21,88%.Data yang diperoleh sebelum dilakukan tindakan diperoleh nilai rata-rata tes diagnostik siswa sebesar 57,92 % dan hanya 10 orang siswa atau 29,41 % yang mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar. Setelah diberikan tindakan dengan menerapkan metode inkuiri kelompok pada siklus I dan kemudian diberikan tes hasil belajar I maka diperoleh nilai rata-rata kelas adalah 69,85 dengan 23 orang siswa atau 67,65 % yang mencapai kriteria ketuntasan belajar. Pada siklus II dengan memberikan tes hasil belajar II diperoleh nilai rata-rata siswa adalah 75,82 dengan 29 orang siswa atau 85,29 % yang mencapai kriteria ketuntasan belajar. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus II sebesar 17,64% dan peningkatan nilai rata-rata sebesar 5.97 %. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode Inkuiri Kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi pokok geometri di kelas V SD Negeri 067249 Medan Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.107 1 Sir p |
Keywords: | Bangun Ruang; Inkuiri; Segitiga; Trapesium; Bangun Datar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 05:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10566 |