Jamiah (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POKOK ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 1 KARANG BARU TAHUN AJARAN 2012/ 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408111065 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
408111065 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
408111065 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
408111065 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
408111065 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
408111065 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
408111065 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
408111065 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408111065 BAB I.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
408111065 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
408111065 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran realistik pada materi pokok Aritmatika Sosial di kelas VII SMP Negeri 1 Karang Baru tahun ajaran 2012/2013. (2) Untuk memperbaiki proses pembelajaran melalui pembelajaran realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok Aritmatika Sosial di kelas VII SMP Negeri 1 Karang Baru tahun ajaran 2012/2013. (3) Untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah melalui pembelajaran realistik pada materi pokok Aritmatika Sosial di kelas VII SMP Negeri Karang Baru tahun ajaran 2012/ 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu kelas VII-G SMP Negeri 1 Karang Baru yang berjumlah 35 siswa. Objek penelitian adalah penerapan pembelajaran realistik pada materi Aritmatika Sosial Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan hasil tes diagnostik yang dilakukan sebelum tindakan, diketahui tingkat kemampuan memecahkan masalah siswa sangat rendah dengan nilai rata-rata kelas 36,31. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah adalah sedang dengan nilai rata-rata kelas 77,06 dengan 26 siswa atau 74,29% dari keseluruhan siswa telah mencapai tingkat ketuntasan belajar secara individu. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah adalah tinggi dengan nilai rata-rata kelas 83,57 dimana jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sebanyak 31 orang atau 88,57 % dari seluruh siswa. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah tuntas secara ,klasikal Berdasarkan hasil observasi pada setiap pertemuan, diperoleh rata-rata penilaian setiap pertemuan adalah 2,76 dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran termasuk kategori baik. Berdasarkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa terbukti adanya peningkatan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial di SMP Negeri 1 Karang Baru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.207 1 Jam p |
Keywords: | Rabat; Netto; Tarra; Brutto; Pembelajaran; RME; Realistik; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 08:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10559 |