Siregar, Hartono (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK ENERGI DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 ULUAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244210057 COVER.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
071244210057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
071244210057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
071244210057 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
071244210057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
071244210057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
071244210057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
071244210057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
071244210057 BAB I.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
071244210057 BAB V.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
071244210057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Model pembelajaran Berbasis Masalah merupakan suatu pendekatan pembelajaran dimana siswa mengerjakan permasalahan yang otentik dengan maksud untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri, mengembangkan inkuiri dan keterampilan berpikir lebih tinggi, mengembangkan kemandirian dan percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan konvensional pada materi pokok energi di kelas VIII SMP N 2 Uluan T.A 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Uluan yang terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas VIII-1 dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas VIII-2 dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini merupakan soal tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 pilihan sebanyak 15 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel.Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 34,29 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 30,67. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 70,48 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 56,00. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,546 > 2,023 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk 39. Hal ini berarti Ha diterima yang berarti ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan model pembelajaran berbasis masalah dengan konvensional pada materi pokok energi di kelas VIII SMP N 2 Uluan T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.607 1 Sir p |
Keywords: | Mekanik; Kekebalan; Kinetik; Listrik; Cahaya; Pembelajaran; Gravitasi; Massa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10553 |