Simanjuntak, Esra Leoni (2013) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA HANDOUT DANMEDIA SLIDE SHOW TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
408131046 COVER.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
408131046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
408131046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
408131046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
408131046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
408131046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
408131046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
408131046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
408131046 BAB I.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
408131046 BAB V.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
408131046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan media handout dan media slide show pada pokok bahasan struktur atom. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X SMAN 11 Medan dengan mengambil sampel secara acak (random sampling) yaitu semua sampel dianggap sama dalam suatu populasi yang homogen, sehingga kelas dipilih secara langsung dari 9 kelas diambil 2 kelas. Kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 masing-masing terdiri dari 40 siswa dan diajarkan dengan media yang berbeda pada materi yang sama yaitu struktur atom. Pengajaran menggunakan media handout sebagai kelas eksperimen 1 dan pengajaran menggunakan media slide show sebagai kelas eksperimen 2. Berdasarkan hasil uji coba instrumen, maka instrumen sebanyak 20 butir soal dinyatakan layak untuk digunakan dalam mendapatkan data penelitian. Perbandingan penggunaan media handout dan media slide show diketahui dari kemampuan siswa mengerjakan instrumen soal sesudah proses belajar mengajar (postest). Nilai rata-rata postest kelas eksperimen 1 sebesar 49,50 dan nilai rata-rata postest kelas eksperimen 2 sebesar 48,125. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Uji-t pada uji dua pihak dengan taraf signifikansi 0,05 dan ttabel = 1,992 diperoleh thitung = 0,304, dan karena 0,304 < 1,992 maka angka tersebut berada pada daerah penolakan Ha, dan Ho diterima. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan media handout dan media slide show pada pokok bahasan struktur atom di SMA Negeri 11 Medan Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 71 Sim p |
Keywords: | Isoton; Isotop; Isobar; Massa; Atom; Elektron; Proton; Neutron; Media |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 06:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10523 |