Adha, Nurwinda (2013) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP TELITI SISWA SMP PADA POKOK BAHASAN ZAT ADITIF MAKANAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
408331037 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
408331037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
408331037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
408331037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408331037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
408331037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
408331037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
408331037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
408331037 BAB I.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
408331037 BAB V.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
408331037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and learning terhadap peningkatan hasil belajar dan sikap teliti siswa SMP pada pokok bahasan zat aditif makanan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan sebanyak 10 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara random sampling dimana kelas eksperimen diberi perlakuan dengan pendekatan Contextual Teaching and learning sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan metode ceramah dan tanya jawab. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, angket dan observasi. Data peningkatan hasil belajar dan sikap teliti siswa dianalisis menggunakan uji t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05. Hasil analisis uji-t untuk data peningkatan hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (2,848 >1,673), berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dengan pendekatan Contextual Teaching and learning sebesar 59% dan peningkatan hasil belajar kelas kontrol dengan metode ceramah dan tanya jawab sebesar 49,6%. Dan hasil analisis uji-t untuk sikap teliti siswa diperoleh thitung > ttabel (39,274 >1,673), berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Untuk sikap teliti siswa diperoleh dari hasil persentase data angket pada kelas eksperimen dengan pendekatan Contextual Teaching and learning sebesar 86,11% sedangkan pada kelas kontrol dengan metode ceramah dan tanya jawab sebesar 82,73%. Demikian juga dari hasil analisis observasi aktivitas siswa yang dilakukan pada kelas eksperimen dari pertemuan pertama (67,78) sampai pertemuan kedua (76,30). Sehingga rata-rata nilai keduanya adalah 72,32. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dan sikap teliti siswa SMP pada pokok bahasan zat aditif makanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.393 071 Adh p |
Keywords: | Pengawet; Pemanis; Pewarna; Makanan; Pembelajaran; Zat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10517 |