Syafiqah, Nurul (2013) PENGARUH PENDEKATAN SETS (SAINS, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ASAM, BASA, DAN GARAM DI KELAS VII SEMESTER I SMP NEGERI 9 MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408131077 COVER.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
408131077 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
408131077 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
408131077 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408131077 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
408131077 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408131077 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
408131077 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
408131077 BAB I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
408131077 BAB V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
408131077 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendekatan SETS terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 9 Medan yakni sebanyak 5 kelas. Sampel penelitian diambil secara purposif sebanyak 2 kelas. Dimana kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan pendekatan SETS, sedangkan kelas kontrol diberikan pembelajaran metode ceramah. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Dari 39 soal diperoleh 9 soal tergolong mudah, 26 soal tergolong sedang, dan 5 soal tergolong sukar. Dari 39 soal tidak diperoleh soal tergolong memiliki daya pembeda sangat baik, 6 soal baik, 19 soal cukup, dan 14 soal buruk.Validitas tes hasil belajar diuji dengan rumus r product moment. Berdasarkan perhitungan diperoleh 20 soal yang valid dan 19 soal yang tidak valid. Reliabilitas tes diuji berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus Kuder-Richardson KR-20 diperoleh harga rhitung sebesar 0,708 dan harga rtabel untuk n = 39 adalah 0,339 pada taraf signifikansi  = 0,05. Diketahui bahwa rhitung > rtabel, sehingga tes dinyatakan Reliabel dengan rumus KR-20 yaitu sebesar 0,708. Hipotesis penelitian diuji dengan melakukan uji t taraf signifikan  = 0,05 derajat kebebasan (dk) = ni + n2
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 546.320 71 Sya p |
Keywords: | Pembelajaran; Tes; Sets; Asam; Basa; Materi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 05:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10513 |