Simanjuntak, Ruth Sabrina (2013) PENGARUH MEDIA ANIMASI FLASH DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI(TEAM ASSISTED INDIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DI SMK NEGERI 1 LUMBANJULU. Undergraduate thesis, UNIMED.
408331046 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
408331046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
408331046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
408331046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
408331046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
408331046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
408331046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
408331046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
408331046 BAB I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
408331046 BAB V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
408331046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan Media Animasi Flash terhadap peningkatan hasil belajar kimia pada pokok bahasan Struktur Atom di SMK Negeri 1 Lumbanjulu pada kelas X TKJ semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Lumbanjulu sebanyak 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak yakni 2 kelas dimana kelas eksperimen I dibelajarkan dengan TAI dengan Media animasi flash dan kelas eksperimen II dibelajarkan dengan TAI tanpa Media animasi flash. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai Gain belajar kimia kelas eksperimen I 0,786±0,0612 lebih tinggi dibandingkan pada kelas eksperimen II diperoleh rata-rata 0,626±0,0595. Peningkatan Hasil belajar kedua kelas eksperimen diuji beda dengan uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel (10,551 > 1,6706) sehingga Ha diterima berarti hasil belajar kimia siswa lebih tinggi dengan menggunakan Media Animasi Flash. Maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran TAI dengan Media Animasi Flash memberikan Peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dari pada pembelajaran TAI tanpa Media Animasi Flash. Dan Peningkatan atau persentase gain hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen I sebesar 78,6% sedangkan untuk kelas eksperimen II sebesar 62,6%. Perbedaan peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II yaitu sebesar 16%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 71 Sim p |
Keywords: | Isotop; Isobar; Massa; Proton; Partikel; Elektron; Neutron; Pembelajaran; Atom; Kooperatif; TAI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10507 |