Harahap, Rizky Annisa (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 081244310018 JUDUL .pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. 081244310018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
3. 081244310018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. 081244310018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
7. 081244310018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. 081244310018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
8. 081244310018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
10. 081244310018 BAB I.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
14 081244310018 BAB V.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
9. 081244310018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan menggunakan media Powerpoint lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional untuk mengetahui berapa besar peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan menggunakan media Powerpoint atau konvensional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA yang ada di SMA 1 Padangsidimpuan ssebanyak 4 kelas, XI IPA1 adalah kelas unggulan. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas yaitu kelas XI IPA4 dan XI IPA2. Dari 2 kelas tersebut, 1 kelas digunakan sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas lainnya sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan pengajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan didukung media Powerpoint sedangkan kelas kontrol dengan Konvensional didukung media Powerpoint . Data yang dianalisis adalah peningkatan hasil belajar kimia siswa (gain). Instrumen tes yang digunakan adalah tes pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal, yang telah diujikan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda tes. Data hasil penelitian yang diperoleh selanjutnya diuji normalitas dan homogenitasnya, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan uji t pihak kanan. Persentasi rata-rata keberhasilan belajar kimia siswa (gain) pada kelas eksperimen adalah 67,31 %, sedangkan persentasi rata-rata keberhasilan belajar kimia siswa (gain) pada kelas kontrol adalah 38,58 %. Berdasarkan hasil uji t diperoleh t hitung (1,80) > t tabel (1,6638) pada = 0,05 dan db = 51. Dari data hasil uji t diatas berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan metode Jigsaw menggunakan Powerpoint lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional pada pokok bahasan Struktur Atom.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 71 Har p |
Keywords: | Elektron; Unsur; Media; Jigsaw; Struktur; Kooperatif; Pembelajaran |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10504 |