Situmean, Titi Suryani (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SMA PADA MATERI POKOK STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.
408131094 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
408131094 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
408131094 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (678kB) | Preview
408131094 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
408131094 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
408131094 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408131094 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408131094 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
408131094 BAB I.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
408131094 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
408131094 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah ada pengaruh model pembelajaran Advance Organizer yang dikombinasikan dengan Mind Mapping terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X Semester I pada materi pokok struktur atom, 2) apakah ada pengaruh model pembelajaran Advance Organizer yang dikombinasikan dengan Mind Mapping terhadap kreativitas siswa kelas X Semester I pada materi pokok struktur atom, dan 3) apakah ada hubungan antara kreativitas siswa dengan hasil belajar kimia yang diajarkan dengan model pembelajaran Advance Organizer yang dikombinasikan dengan Mind Mapping kelas X semester I pada materi pokok struktur atom. Sampel penelitian ini diambil sebanyak 2 (dua) kelas X sebagai kelas eksperimen I dan eksperimen II. Kelas eksperimen I diajarkan dengan model pembelajaran Advance Organizer yang dikombinasikan dengan Mind Mapping, dan kelas eksperimen II diajarkan dengan model pembelajaran Advance Organizer tanpa menggunakan Mind Mapping. Hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen I 28,06 ± 10,301, dan postest 78,75 ± 9,738. Sedangkan pada kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata pretest 26,94 ± 9,202, dan postest 73,61 ± 9,072. Semua data pretest, postest, dan gain diuji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov SPSS-17, dan diperoleh data terdistribusi normal. Dan data pretest kedua kedua kelas diuji homogenitas diperoleh bahwa kedua kelas homogen sebelum mendapat perlakuan yang berbeda. Peningkatan hasil belajar kedua kelas eksperimen diuji beda dengan uji t-sampel independent. Hasil pengujian mengungkap bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran advance organizer yang dikombinasikan dengan mind mapping terhadap hasil belajar dimana sig. < α (0,0035 < 0,0500) dan thitung > ttabel (1,884 > 1,669) ; 2) ada pengaruh model pembelajaran advance organizer yang dikombinasikan dengan mind mapping terhadap kreativitas belajar siswa dimana sig. < α (0,011 < 0,0500) dan thitung > ttabel (2,349 > 1,669) ; 3) secara signifikan terdapat hubungan kreativitas belajar dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran advance organizer yang dikombinasikan dengan mind mapping dimana harga sig.< α sebesar (0,013 < 0,050).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 71 Sit p |
Keywords: | Pembelajaran; Peta Pikiran; Intelegensi; Kreativitas; Struktur; Atom |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 05:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10501 |