Nasution, Hamidah Hannum (2013) PENERAPAN PENDEKATAN CTL DALAM E-LEARNING BERBASIS WEBLOG TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
408331020 Cover.pdf.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408331020 Lembar pengesahan.pdf.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
408331020 Kata pengantar.pdf.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
408331020 Abstrak.pdf.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
408331020 Daftar isi.pdf.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
408331020 Daftar tabel.pdf.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
408331020 Daftar gambar.pdf.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
408331020 Bab I.pdf.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
408331020 Bab V.pdf.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
408331020 Daftar pustaka.pdf.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa yang di ajar melalui penerapan pendekatan CTL dalam e-learning berbasis weblog lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang di ajar dengan penerapan pendekatan CTL tanpa e-learning berbasis weblog terhadap pokok bahasan laju reaksi.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA MAN 1 Medan yang terdiri dari 6 kelas berjumlah 240 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang berjumlah 80 siswa dengan teknik purpossive sampling sehingga diperoleh kelas eksperimen I yang diberi pengajaran penerapan pendekatan CTL dalam e-learning berbasis weblog dan kelas eksperimen II yang diberi pengajaran penerapan pendekatan CTL tanpa e-learning berbasis weblog. Nilai rata-rata peningkatan hasil belajar kimia kelas eksperimen I adalah 0,750 lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen II yaitu 0,546. Peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen I sebesar 75% sedangkan untuk kelas eksperimen II sebesar 54,6% dengan selisih kenaikan 20,4%. Peningkatan hasil belajar kedua kelas eksperimen diuji beda dengan uji t pihak kanan pada taraf signifikan t(0,05)(n1+n2-2) diperoleh thitung > ttabel (10,605 > 1,667) sehingga Ha1 diterima berarti Peningkatan hasil belajar siswa yang di ajar melalui penerapan pendekatan CTL dalam e-learning berbasis weblog lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang di ajar dengan penerapan pendekatan CTL tanpa e-learning berbasis weblog terhadap pokok bahasan laju reaksi. Jadi, Ho1 yang merupakan ingkaran dari Ha1 ditolak pada α=0,05 dengan demikian data nyata (signifikan) pada α=0,05. Nilai aktivitas belajar kedua kelas eksperimen diuji beda dengan uji t beda dengan uji t pihak kanan diperoleh thitung > ttabel (6,324 > 1,667) sehingga Ha2 diterima berarti aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan menerapkan pendekatan CTL dalam e-learning berbasis weblog lebih tinggi daripada aktivitas belajar siswa yang diajar dengan penerapan pendekatan CTL tanpa e-learning berbasis weblog terhadap pokok bahasan laju reaksi. Maka dapat disimpulkan bahwa metode penerapan pendekatan CTL dalam e-learning berbasis weblog memberikan peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang lebih tinggi daripada penerapan pendekatan CTL tanpa e-learning berbasis weblog.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.390 71 Nas p |
Keywords: | Belajar; Pembelajaran; Weblog; CTL; Reaksi; Larutan; Molaritas; Katalis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10498 |