Hutasuhut, Wahyuni Maisaroh (2013) PENGARUH REMEDIAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI DI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
408331056 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
408331056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
408331056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
408331056 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
408331056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
408331056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
408331056 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
408331056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
408331056 BAB I.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
408331056 BAB V.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
408331056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
408331056 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pengajaran remedial terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan laju reaksi. Pengajaran remedial yang diterapkan dalam penelitian ini merupakan pendekatan pembelajaran yang dimaksudkan untuk mengevaluasi proses belajar siswa, sehingga dapat diketahui sampai dimana pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 14 Medan sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 1 kelas. Sebagai alat pengumpul data peningkatan hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya bedanya. Hasil analisis data diperoleh rata-rata peningkatan hasil belajar kimia setelah remedial 0,606±0,14 lebih tinggi dibandingkan sebelum remedial rata-rata peningkatan hasil belajarnya 0,334±0,14. Peningkatan hasil belajar kedua kelas eksperimen diuji beda dengan uji t dua pihak diperoleh thitung > ttabel (12,31 > 2,023) sehingga Ha diterima berarti ada pengaruh pengajaran remedial terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan laju reaksi. Maka dapat disimpulkan bahwa pengajaran remedial berpengaruh dan memberikan peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi daripada sebelum remedial. Peningkatan atau persen gain hasil belajar kimia siswa setelah remedial sebesar 60,6% sedangkan sebelum remedial sebesar 33,4%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.390 71 Hut p |
Keywords: | Reaksi; Reaktan; Larutan; Remedial; Belajar; Kasus; Tindakan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10492 |