Harahap, Rosmindan (2013) ANALISIS PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN LAJU REAKSI MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY INQUIRY. Undergraduate thesis, UNIMED.
408331044 Cover.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
408331044 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
408331044 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
408331044 Abstrak.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
408331044 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
408331044 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
408331044 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
408331044 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
408331044 Bab I.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
408331044 Bab V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
408331044 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguasaan konsep siswa kelas XI pada materi laju reaksi pada pembelajaran menggunakan metode discovery inquiry. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA MAN 1 Medan. Sampel diambil dua kelas yang dipilih secara random sampling dari populasi yang homogen. Satu kelas sampel sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan pembelajaran dengan metode discovery inquiry. Satu kelas sampel yang lainnya sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan pembelajaran dengan metode direct instruction. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dalam bentuk essay test. Data yang diperoleh terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan normalitas sebelum pengujian hipotesis dilakukan. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel homogen dan berdistribusi normal. Sesuai dengan uji hipotesis yakni uji t pihak kanan, dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung > ttabel, yakni thitung = 3,28 > ttabel = 1,677, berarti Ha diterima dan tolak Ho. Ini berarti penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan dengan metode discovery inquiry lebih tinggi daripada penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran direct instruction. Penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan dengan metode discovery inquiry pada setiap indikator mengalami peningkatan secara signifikan dilihat dari nilai gain dan termasuk kategori tingkat penguasaan yang baik berdasarkan rata-rata nilai postest siswa pada setiap indikator. Siswa yang dibelajarkan dengan metode discovery inquiry lebih aktif dengan rata-rata nilai keaktifan siswa 83 daripada kelas yang dibelajarkan dengan metode direct instruction dengan rata-rata nilai keaktifan siswa 77.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.390 71 Har a |
Keywords: | Reaksi; Suhu; Katalis; Partikel; Inquiri; Pembelajaran |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10490 |