Nasution, Nazmi (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK VIRUS DI KELAS X SMA NEGERI 1 KISARAN T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408341036 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
408341036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
408341036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
408341036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
408341036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
408341036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
408341036 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
408341036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
408341036 BAB I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
408341036 BABV.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
408341036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dengan menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok virus di kelas X SMA Negeri 1 Kisaran T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan tes objektif sebagai alat untuk mendapatkan data penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2012/2013 yang terdiri atas 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 194 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil secara random yang terdiri dari 2 kelas, kelas X1 dibelajarkan dengan model kooperatif tipe STAD dengan Media Audio Visual (eksperimen I) dan kelas X2 dengan model kooperatif tipe STAD tanpa Media Audio Visual (eksperimen II).Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikan  = 0,05 menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen I (74,55) dengan eksperimen II (68,2) dengan pengujian hipotesis thitung  ttabel (2,44  1,99). Sehingga dapat disimpulkan hasil belajar biologi siswa tentang virus dengan model pembelajaran STAD dengan Media Audio Visual di kelas X SMA Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2012/2013 mengalami peningkatan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 579.207 1 Nas p |
Keywords: | Pembelajaran; Kooperatif; STAD; Media; Audio; Virus; Anatomi; Reproduksi; Materi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10475 |