Rahmadani, Rani (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SUB MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELASXI IPA SMA NEGERI 1 SEI RAMPAH TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
081244410024 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
081244410024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (896kB) | Preview
081244410024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
081244410024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
081244410024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
081244410024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
081244410024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
081244410024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
081244410024 BAB I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
081244410024 BAB V.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
081244410024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan multimedia berbasis komputer terhadap hasil belajar biologi pada sub materi pokok sistem reproduksi manusia di kelas xi ipa sma negeri 1 sei rampah tahun pembelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sei Rampah yang berjumlah 160 siswa dan sampel diambil secara purposif sampling sebanyak 76 siswa yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol masing-masing berjumlah 38 siswa. Berdasarkan rata-rata hasil pre test siswa menunjukkan nilai rata-rata pre test siswa adalah 1 = 6,61 dan SD = 1,00 untuk kelas eksperimen (Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Multimedia) sedangkan untuk kelas kontrol (Model Pembelajaran Konvensional) didapat 2 = 5,7 dan SD = 81,12. Setelah mendapat perlakuan nilai rata-rata post test siswa di kelas eksperimen ( 1= 85,95 ; SD = 9,49) lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol ( 2 = 74,15 ; SD = 8,11). Maka diperoleh efisiensi peningkatan hasil belajar kelas eksperimen terhadap kelas kontrol sebesar 15,91%. Dari uji ANAVA diperoleh Fhitung (35,74) > Ftabel (3,996) pada hasil post-test dari kedua kelas pada  =0,05 yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan multimedia berbasis komputer terhadap hasil belajar biologi pada sub materi pokok sistem reproduksi manusia di kelas xi ipa sma negeri 1 sei rampah tahun pembelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.160 71 Rah p |
Keywords: | Pembelajaran; Media; Komputer; LCD; Reproduksi; Sperma; Embrio; Sistem |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 06:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10474 |