Fauzi, Ahmad (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS IX SEMESTER I SMP SWASTA AN-NIZAM MEDAN T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408121025 COVER.pdf - Published Version
Download (808kB) | Preview
408121025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
408121025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
408121025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
408121025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
408121025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
408121025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
408121025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
408121025 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
408121025 BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
408121025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar fisika siswa dan kurangnya keaktifan siswa dalam belajar fisika. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas IX semester I SMP An-nizam Medan Tahun Ajaran 2012/2013 dengan menerapkan model Group Investigation. 2) mengetahui aktivitas belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas IX semester I SMP An-nizam Medan Tahun Ajaran 2012/2013 selama menerapkan model Group Investigation dalam proses pembelajaran. 3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa setelah menerapkan model Group Investigation pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas IX semester I SMP An-nizam Medan Tahun Ajaran 2012/2013.. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas kelas IX SMP Swasta An-Nizam Medan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas IX-B dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Group Investigation dan kelas IX-C dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa pada pembelajaran Kooperatif tipe Group InvestigationDari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 41,88 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 42,81. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation sebesar 80,31 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 75,63. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,901> 1,6697 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 62. Hal ini berarti Ha diterima yang berarti ada perbedaan pengaruh model Kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar fisika pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas IX semester I SMP Swasta An-Nizam Medan T.P 2012/2013. Sehinnga dapat disimpulkan bahwa Model Koopertif tipe GI dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 1 Fau p |
Keywords: | Listrik; Rangkaian; Komponen; Pembelajaran; Kooperatif; Resistor; Sakelar; Hukum Ohm |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10459 |