Suhendri, Dedi (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KELOMPOK INVESTIGASI (GROUP INVESTIGATION)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KALOR KELAS VII SEMESTER I SMP IT AL-FITYAN MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408121036 Cover.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
408121036 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
408121036 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
408121036 Abstrak.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
408121036 Daftar isi.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
408121036 Daftar tabel.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
408121036 Daftar gambar.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
408121036 daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
408121036 BAB I.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
408121036 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
408121036 Daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1)Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menerima Pembelajaran konvensional dan kooperatif tipe Kelompok Investigasi pada materi pokok kalor. (2) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dengan mengaplikasikanmodel pembelajaran kooperatif tipe Kelompok Investigasi pada materi pokok Kalor. (3)Untuk mengetahui perbedaan akibat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Kelompok Investigasi terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok KalorJenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMPIT Al Fityan Medan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas VII-D dengan menggunakan model pembelajaranKooperatif tipe Kelompok Investigasi (Group Investigation)dan kelas VII-A dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tesHasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa pada pembelajaranKooperatif tipe Kelompok Investigasi (Group Investigation.) Dari hasil penelitiannilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 41,88 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 42,81. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan pembelajaran Kooperatif tipe Kelompok Investigasi (Group Investigation) sebesar 80,31sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 75,63. Aktivitas belajar siswa selama menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Kelompok Investigasi mengalami peningkatan. pada pertemuan I nilai rata-rata 63,03 dengan kategori D, dan pada pertemuan II nilai rata-rata 75,88 dengan kategori B. Sehingga dapat disimpulkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kelompok Investigasi mengalami peningkatan. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,901>1,6697 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 62. Hal ini berarti Ha diterima yang berarti ada perbedaan akibat pengaruh penggunan model pembelajaran Kooperatif tipe Kelompok Investigasi (Group Investigation) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kalor di kelas VII semester I SMP IT Al-Fityan Medan T.P 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 536.107 1 Suh p |
Keywords: | Suhu; Zat; Uap; Pembelajaran; Metode; Kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 02:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10456 |