Hasibuan, Kurniasih (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MENGGUNAKAN MEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI KELAS VII SEMESTER I SMP SWASTA MUHAMMADIYAH-17 DESA PONT.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408121057 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
408121057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
408121057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
408121057 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408121057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
408121057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
408121057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
408121057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
408121057 BAB I.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
408121057 BAB V.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408121057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran langsung menggunakan media flash pada materi pokok pengukuran kelas VII Semester I SMP Muhammadiyah-17 Desa Pon T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang bersifat quasi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII semester ganjil yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 114 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas secara acak yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran langsung menggunakan media flash dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk performans (unjuk kerja). Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 41,57 dengan standar deviasi 14,234, dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 44,14 dengan standar deviasi 14,526. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1342 dan Ltabel = 0,1498, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,0785 dan Ltabel = 0,1498, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,04 dan Ftabel = 1,77, sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua tabel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran langsung menggunakan media flash dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 84,29 dengan standar deviasi 9,167 dan kelas kontrol 74,29 dengan standar deviasi 10,084. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 60 termasuk kategori cukup aktif. Hasil uji t diperoleh thitung = 4,35 dan ttabel = 1,997 sehingga thitung > ttabel (4,35 > 1,997) maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung menggunakan media flash pada materi pokok Pengukuran kelas VII Semester I SMP Muhammaiyah-17 Desa Pon T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.707 1 Has p |
Keywords: | Media; Pembelajaran; Modul; Sistem; Pelajaran; Micromedia; Flash |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10450 |