Sahara, Kiki Rizqi (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI POKOK ORGANISME KEHIDUPAN DI KELAS VII SMP PRAYATNA MEDAN TAHUNPEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101341004 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4101341004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
4101341004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4101341004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4101341004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4101341004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4101341004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4101341004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4101341004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4101341004 BAB I.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4101341004 BAB V.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4101341004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4101341004 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Snowball Throwing pada materi pokok Organisasi Kehidupan di kelas VII SMP PRAYATNA Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas VII SMP PRAYATNA Medan yang terdiri dari 8 kelas. Sampel yang digunakan adalah salah satu kelas yaitu kelas VII1 yang berjumlah 40 siswa yang dipilih secara acak. Hasil analisis data diperoleh untuk penguasaan siswa, terdapat 6 siswa atau 15% yang tingkat penguasaannya sangat tinggi, ada 9 siswa atau 22.5 % yang tingkat penguasaannya tinggi, ada 21 siswa atau 52,5% yang tingkat penguasaannya sedang, ada 3 siswa atau 17.5% yang tingkat penguasaannya rendah, ada 1 siswa atau 2,5% yang tingkat penguasaannya sangat rendah. Untuk ketuntasan belajar secara individu, 36 orang tuntas dan 4 orang tidak tuntas, sedangkan klasikal dinyatakan tuntas karena persentase ketutasan siswa mencapai 90%. Kektuntasan pencapaian indikator dalam penelitian ini sudah tercapai dengan rincian indikator pertama 78.13%, indikator kedua 84.58%, indikator ketiga 78,83%, indikator keempat 84.30%, dan indikator kelima 92.70%. Untuk aktivitas belajar siswa didapatkan dengan nilai ≥75 cukup aktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran Snowball Throwing pada materi pokok Organisasi Kehidupan di Kelas VII SMP PRAYATNA Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 efektif terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.873 071 2 Sah e |
Keywords: | Belajar; Hasil Belajar; Efektivitas Pembelajaran; Model Pembelajaran; Cooperative Learning; Tipe Snowball Throwing; Organisme Kehidupan |
Subjects: | Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10434 |