Lubis, Ridwan Yusuf (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN SATUAN DAN PENGUKURAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409121069 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409121069 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
409121069 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
409121069 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
409121069 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
409121069 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
409121069 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
409121069 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
409121069 BAB I.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
409121069 BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
409121069 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
409121069 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran berdasarkan masalah dengan model pembelajaran konvensional pada materi Besaran, Satuan dan Pengukuran di Kelas X SMA Negeri 1 Panyabungan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester I SMA Negeri 1 Panyabungan yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara mengambil 2 kelas dari 6 kelas, yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol berjumlah 40 orang perkelas. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan kelas eksperimen 52,5 dengan standar deviasi 13,0 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 53,3 dengan standar deviasi 13,6 diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel (-0,2684 < 1,9970), maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Setelah perlakuan dalam pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes kelas eksperimen 73,6 dengan standar deviasi 10,3 dan kelas kontrol 60,8 dengan standar deviasi 12,9 diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen.Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 4,9092 dan ttabel =1,9970, sehingga thitung > ttabel (4,9092 . 1,9980) maka Ho diterima yakni ada pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa yang signifikan pada materi pokok besaran, satuan dan pengukuran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.140 712 Lub p |
Keywords: | Pembelajaran Masalah; Hasil Belajar; Pengukuran; Besaran; Satuan; Panjang; Notasi Ilmiah; Aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10421 |