Sinaga, Moriza Maya Sari (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON DI KELAS X SEMESTER I SMA UISU T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409321038 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409321038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
409321038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
409321038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
409321038 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409321038 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
409321038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
409321038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
409321038 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
409321038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
409321038 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif dengan menggunakan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok hukum newton di kelas X semester I di SMA UISU T.P 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA UISU yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas secara acak yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 35 orang dan kelas kontrol berjumlah 29 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan yaitu model pembelajaran generatif dengan menggunakan peta konsep dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 37,1 dengan standar deviasi 13,0 dan kelas kontrol adalah 37,0 dengan standar deviasi 12,2. Pada uji normalitas kelas eksperimen untuk pretes diperoleh Lhitung < Ltabel = 0,107 < 0,149, sedangkan kelas kontrol Lhitung < Ltabel = 0,091 < 0,164 maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data pretes untuk kedua sampel diperoleh diperoleh Fhitung < Ftabel = 1,135 < 1,768 maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 2,869 dan ttabel = 1,669, sehingga thitung > ttabel (2,869 > 1,669), maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran generatif dengan menggunakan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok hukum newton kelas X semester I SMA UISU T.P. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.607 12 Sin p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Ranah Kognitif; Ranah Afektif; Ranah Psikomotorik; Pembelajaran; Generatif; Konvensional; Peta Konsep; Newton; Gaya |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 08:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10410 |