Harahap, Rosmeidani (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTU MEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 14 MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409321048 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
409321048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
409321048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
409321048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
409321048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
409321048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
409321048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
409321048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
409321048 BAB I.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
409321048 BAB V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
409321048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
409321048 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
Abstract
Group Investigation (GI) merupakan kelompok kecil untuk menuntun danmendorong siswa dalam keterlibatan belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbantu media flash tehadap hasil belajar siswa pada materi pokok hukum Newton di kelas X semester I SMA Negeri 14 Medan T.P 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Negeri 14 Medan yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 351 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas secara acak yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 39 orang dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 38 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang telah divalidasi dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang terdiri dari 5 pilihan jawaban dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 37,30 dengan standar deviasi 7,33 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 35,78 dengan standar deviasi 7,49. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data postes diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Kemudian nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen 67,82 dengan standar deviasi 11,93 dan kelas kontrol 60,78 dengan standar deviasi 11,42. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 71,62 termasuk kategori (cukup baik). Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,772 > 1,666 maka Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbantu media flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok hukum Newton di kelas X semester I SMA Negeri 14 Medan T.P. 2013/2014. Dalam hal ini disarankan kepada peneliti selanjutnya, agar dapat lebih mengefisienkan waktu yang disesuaikan dengan sintaks pada model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.607 12 Har p |
Keywords: | Aktivitas; Hasil Belajar; Ranah Kognitif; Ranah Afektif; Ranah Psikomotorik; GI; Konvensional; Animasi Flash; Hukum Newton; Berat dan Massa; Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10408 |