PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 5 STABAT PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI T.P. 2013/2014

Sartika, Selvia Marya (2014) PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 5 STABAT PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409421031 COVER.pdf]
Preview
Text
409421031 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 409421031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409421031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 409421031 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409421031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 409421031 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409421031 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 409421031 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409421031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 409421031 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
409421031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 409421031 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
409421031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 409421031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
409421031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 409421031 BAB I.pdf]
Preview
Text
409421031 BAB I.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 409421031 BAB V.pdf]
Preview
Text
409421031 BAB V.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 409421031 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409421031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar menggunakan pendekatan pembelajaran Problem posing dengan pembelajaran konvensional pada materi pokok usaha dan energi kelas VIII di SMPN 5 STABAT T.P 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan melibatkan dua kelas dan diberi perlakuan yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIISMPN 5 STABAT yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 buah, yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas. Tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah di validkan oleh 3 orang validator dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa pada pembelajaran dengan penerapan pendekatan pembelajaran problem posing. Pengujian hipotesis menggunakan uji kesamaan rata-rata atau uji t. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 30,5, dan nilai rata-rata kelas pretes kelas kontrol 30,89. Pada pengujian normalitas pada kelas eksperimen Lhitung= 0,1303 dan Ltabel= 0,1369 sehingga Lhitung<Ltabel data berdistribusi normal. Pengujian normalitas diperoleh pada kelas kontrol Lhitung = 0,1152 dan Ltabel= 0,1419 sehingga Lhitung<Ltabel data berdistribusi normal. Pada pengujian homogenitas kedua kelas Fhitung= 1,43 dan Ftabel= 1,72 sehingga Fhitung<Ftabel yang berarti bahwa sampel yang digunakan dalam penelitian ini dinyatakan homogen atau dapat mewakili seluruh populasi yang ada.Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan pendekatan problem posing dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan proses pembelajaran diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 77,62 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 53,20 dengan. Taraf keseluruhan aktivitas belajar siswa kelas eksperimen sebesar 77,61 termasuk kategori aktif. Hasil uji kesamaan rata-rata pretes menunjukan thitung = -2,00 dan ttabel = 1,9974 sehingga thitung <ttabel, dengan kata lain kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sama dan hasil uji kesamaan rata-rata postes menunjukan hitung= 6,913 dan ttabel = 1,6672 sehingga thitung >ttabel , dengan kata lain bahwa ada perbedaan hasil belajar akibat pengaruh menggunakan pendekatan problem posing pada materi pokok usaha dan energi kelas VIII SMPN 5 STABAT T.P 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 531.607 12 Sar p
Keywords: Belajar; Aktivitas; Problem Posing; Konvensional; Pembelajaran; Usaha; Energi; Perpindahan; Bentuk Energi; Sumber Energi; Kalor; Kinetik; Potensial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 16 Aug 2016 04:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10407

Actions (login required)

View Item
View Item